Kamis, 10 Oktober 2013

Tugas 1



Nama         : Faradina  Lestari Wissa Putri
NPM          : 12511691
Kelas          : 3PA06

I.
1.      Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan proses penggunaan berbagai sumberdaya organisasi lainnya demi tercapainya tujuan organisasi sebagaimana yang telah ditetapkan.
2.      Jenis-jenis manajemen diantaranya :
a.       Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) adalah proses perencanaan dalam mengatur sumber daya manusia yang ada, agar sumber daya manusia yang dimiliki dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan baik, sehingga sumber daya manusia yang digunakan dan dipelihara tetap bekerja dengan kualitas yang tetap atau bertambah.
b.      Manajemen Pemasaran adalah kegiatan manajemen yang bertujuan untuk mengidentifikasi apa yang dibutuhkan konsumen, dan bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
c.       Manajemen Produksi adalah manajemen yang fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen dengan teknik produksi yang seefisien mungkin.
d.      Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen yang berfungsi mengatur segala hal tentang biaya atau keuangan, sehingga biaya yang dikeluarkan dan yang diperoleh dapat diatur dan dikelola dengan baik.
e.       Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat.

f.       Manajemen Strategi adalah proses manajemen yang berfungsi untuk  mengatur perencanaan atau strategi dalam perusahaan atau organisasi, untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
g.      Manajemen Operasi adalah area bisnis yang berfokus pada proses produksi barang dan jasa, serta memastikan operasi bisnis berlangsung secara efektif dan efesien. Seorang manajer operasi bertanggung jawab mengelola proses pengubahan input (dalam bentuk material, tenaga kerja, dan energi) menjadi output (dalam bentuk barang dan jasa).
h.      Manajemen Resiko adalah suatu pendekatan metodologi yang terstruktur dengan maksud agar dapat mengelola kemungkinan - kemungkinan buruk yang dapat terjadi (ancaman).
i.        Manajemen Pendidikan adalah sumber - sumber pendidikan dibuat lebih terpadu/terpusat agar tujuan pendidikan tercapai secara efektif maupun efisien.
j.        Manajemen Konflik adalah bagaimana mengatur, mengkoordinir/mengarahkan suatu konflik yang sulit untuk diakhiri hingga akhirnya dapat mengakhiri konflik tersebut. Biasanya yang melakukan manajemen konflik ini adalah para pelaku konflik maupun perantara (pihak ketiga/penengah) dari konflik tersebut.
k.      Manajemen Proyek adalah suatu proses kegaiatan manajemen dalam suatu proyek.
3.      Kepemimpinan (George R. Terry (yang dikutip dari Sutarto,1998 : 17)) adalah  hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin, mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

II.
1.      Perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan yang diharapkan dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain dalam pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tidak akan dapat berjalan dengan baik.



2.      Manfaat Perencanaan, diantaranya :
a.       Organisasi memperoleh serta mengikat sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuannya.
b.      Anggota organisasi untuk melanjutkan rangkaian kegiatan yang konsisten dengan tujuan dan prosedur yang telah dipilih.
c.       Kemajuan ke arah tujuan dapat dipantau dan diukur, sehingga tindakan perbaikan dapat diambil bila kemajuan itu tidak memuaskan.
d.      Sebagai dasar untuk pengendalian.
e.       Metode yang digunakan dapat lebih baik dan terencana dengan baik.
3.      Jenis perencanaan dalam organisasi, antara lain :
a.       Perencanaan Strategis, yaitu perencanaan jangka panjang yang dipusatkan pada organisasi secara menyeluruh. Dalam perencanaan strategis ini memiliki jangka waktu lima tahun atau lebih.
b.      Perencanaan Taktis, yaitu perencanaan jangka pendek yang menekankan pada operasi berbagai bagian organisasi yang sedang berjalan.dan perencanaan taktis ini memiliki jangka waktu satu sampai tiga tahun.


Daftar Pustaka
James A.F Stoner & Charles Wankel, Perencanaan & Pengambilan Keputusan dalam Manajemen, jilid 1,Penerbit Rineka Cipta,Jakarta,1993
Kartono Kartini DR, Psikologi Sosial untuk Manajemen, Perusahaan dan Industri, Penerbit PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1981

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faradina Lestari Wissa Putri Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates