Kamis, 10 Oktober 2013

Fenomena Manajemen Informasi



Mengingatkan kembali bahwa Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan proses penggunaan berbagai sumberdaya organisasi lainnya demi tercapainya tujuan organisasi sebagaimana yang telah ditetapkan.
Sedangkan Manajemen Informasi sendiri adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat.
Fenomena yang terjadi saat ini dalam manajemen informasi, seringkali pemanfaatan teknologi informasi seperti internet dll tidak dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan. Sering kali terjadi di beberapa perusahaan yang tidak mencari informasi ekstrenal (informasi di luar perusahaan, misalnya tentang hal-hal terbaru yang sedang terjadi di masyarakat) yang sebenarnya sangat berpengaruh terhadap perusahaan mereka. Suatu perusahaan biasanya hanya sibuk mencari informasi internal mengenai perusahaan mereka sendiri.
Padahal apabila perusahaan dapat mencari informasi di luar perusahaan nya sendiri, itu membawa dampak yang baik terhadap perusahaan. Karena dengan kita mengetahui informasi di luar perusahaan maka kita akan tau apa yang sedang terjadi di masyarakat dan apa yang sedang dibutuhkan atau ramai dibicarakan di masyarakat. Sehingga apabila perusahaan memiliki rencana baru akan dengan mudah tercapai jika sesuai dengan keadaan di masyarakat pada saat itu.
Maka, alangkah lebih baik jika manajemen informasi dalam suatu perusahaan lebih sering mencari informasi-informasi yang terjadi baik di dalam maupun di luar perusahaan, untuk mendapat informasi terbaru di masyarakat yang dapat menguntungkan perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faradina Lestari Wissa Putri Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates