Sabtu, 15 November 2014

Sistem Pakar



Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis.
Disini saya akan membahas salah satu jenis dari evolusi CBIS yaitu sistem pakar.Sistem pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer. Dimana komputer tersebut ditujukan agar dapat menyelesaikan masalah seperti apa yang biasa dilakukan oleh para ahli. Selain itu di dalam sistem pakar terdapat keuntungan, kelemahan dan bentuk sistem.

Keuntungan Sistem Pakar :
§  Bisa melakukan proses berulang secara otomatis.
§  Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar.
§  Meningkatkan output dan produktivitas.
§  Meningkatkan kualitas.

Kelemahan Sistem Pakar :
§  Biaya yang diperlukan untuk membuat dan memeliharanya sangat mahal.
§  Sulit dikembangkan.
§  Sistem pakar tidak 100% bernilai benar.

Bentuk Sistem Pakar :
§  Berdiri sendiri: Merupakan software yang berdiri sendiri, tidak tergabung dalam software lain.
§  Tergabung: Merupakan bagian program yang terkandung di dalam suatu algoritma (konvensional).
§  Menghubungkan ke software lain: Bentuk ini biasanya merupakan ystem pakar yang menghubungkan ke suatu paket program tertentu, misalnya DBMS.

Contoh sistem pakar dalam bidang Psikologi yaitu tes kepribadian. Tes kepribadian ini dapat digunakan agar kita mengetahui apakah kepribadian yang kita miliki misalnya ektrovert atau introvert, kita cukup menjawab pernyataan-pernyataan yang sesuai dengan diri kita. Aplikasi tes kepribadian berbasiskan sistem pakar ini, lebih mudah dan lebih cepat dalam proses pengukuran kepribadian dibandingkan metode terdahulu, sehingga memberikan banyak keuntungan dari segi penghematan waktu, tenaga, dan memudahkan kinerja user (pemakai) dalam mengukur kepribadiannya masing-masing. Selain itu aplikasi tes kepribadian ini dikemas dengan tampilan yang cukup menarik.
Bagi masyarakat yang ingin mengetahui ukuran kepribadiannya, mereka dapat menggunakan aplikasi ini sebagai referensi dan bagi para mahasiswa khususnya mahasiswa psikologi, aplikasi ini dapat dijadikan tambahan untuk mendukung studi mereka terutama untuk sub bidang pengukuran kepribadian.
Namun demikian, aplikasi tes kepribadian berbasiskan sistem pakar ini tidak bisa menggantikan seorang ahli karena dia pakar di bidangnya. Aplikasi sistem pakar ini hanyalah alat bantu yang sangat bergantung pada data-data yang di-input oleh seorang programmer sehingga aplikasi sistem pakar ini haruslah selalu dikembangkan.
Tools yang disediakan oleh Visual Basic.NET 2008 sudah sangat mengakomodir dalam proses pembuatan aplikasi ini. Selain itu, Visual Basic.NET 2008 dapat dengan baik melakukan koneksi database ke sql server.
Contoh lain sistem pakar dalam bidang kesehatan, yaitu sistem pakar dalam mendiagnosis awal penyakit paru-paru, dimana seseorang yang memiliki gejala-gejala penyakit tertentu yang berhubungan dengan paru-paru dapat mendiagnosis awal penyakit yang dideritanya sebelum diperiksakan ke dokter. Sistem pakar untuk mendiagnosis penyakit paru-paru ini dapat dirancang menggunakan eclipse untuk android. Karena saat ini banyak sekali masyarakat yang menggunakan handphone berbasis android.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Faradina Lestari Wissa Putri Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates