Jumat, 19 Agustus 2016

Perjuangan skripsi

Helloo
Oke kita mulai cerita yaa, kenapa setelah sekian lama ga ng blog yang di bahas pertama kali adalah tentang perjuangan skripsi? karena sebelum itu ceritanya biasa aja sih, kurang greget, nah mending ceritain ini karena kalo kuliah ini jadi salah satu bagian yang paling penting :p

April

Bulan bulan dimana deg-degan banget karena dibulan ini kita-kita yang ipk nya pas-pasan dapet SK skripsi hahah, iyalah yang ipknya tinggi aja mah udah duluan dari bulan apaa gitu. Jadi, Tanggal 8 april kalo ga salah, salah satu dosen sekjur dateng ke kelas, ngasi tugas, wejangan dan berakhir dengan pemberian sk skripsi..

Huaaa dag dig dug siapa ya dp gue, susah ga ya semoga ga bu anu pa anu (dosen yang susah, susah ketemu apalagi)
daan eng ing eng tadaaaa (foto menyusul ya :p)

Dosen pembimbing gue adalah Kak seto, iyaa Dr. Seto Mulyadi, seneng sekaligus bangga bisa jadi anak bimbingannya beliau. Langsung kabarin ortu dan mereka juga seneng banget dengernya, langsung dong semangat 45 buat skripsian..

Mulai deh tuh mikirin judul karena gue ga mau lanjut dr PI (Penulisan Ilmiah) soalnya susah, jadi buat judul baru aja yang gampang (maunya cepet lulus ga mau susah)

Oyaa pas banget gue sama kaul seperguruan jadi ada temen, dan bisa saling motivasi. Ditambah jadinya ada temen bimbingan di tempat nan jauh disana.

Pertama ketemu beliau, lupa tepatnya kapan yang pasti hari selasa, di Kampus Gunadarma Simatupang. Deg degan banget, ya siapa yang ga deg-degan ketemu dosen pembimbing skripsi yang dimana lewat tangan beliau gue bisa jadi sarjana, di tambah beliau orang hebat, yang biasanya cuma bisa diliat di tv ini bisa ketemu langsung, salaman, di bimbing pula, alhamdulillah pake banget..

Beliau selalu ngasih kata-kata yang bikin adem hati, memotivasi selalu bilang "bikin skripsi itu ga usah susah-susah mba, yang penting cepet lulus" dan emang betul loh gue juga menanamkan prinsip kaya gitu, ga usah lah susah susah bukannya apa-apa kalo gue cari variabel atau sampel yang menarik dan ga susah nyarinya. Jadi lah tentang hubungan self disclosure dan penyesuaian diri pada mahasiswa perantau, kenapa perantau?karena gue sendiri anak rantau dan banyak temen juga yang merantau, jadi gue pikir bakal gampang pas ambil data.

Hari berganti hari, bulan berganti bulan (halaah) gue sama widi sama sama saling kasih support buat ngerjain skripsi, pengen lulus dan wisuda bareng, kebetulan juga dia pindah ke kampus Depok hoho jadi makin deket, dia juga kerja di kampus di barcode ya biar sama sama belajar tanggung jawab, kita deket bukan cuma karena mau pacaran muluu tapi ada sisi positifnya..

Semuanya ga se indah yang di harepin, ga se sulit yang di takutin, asal ada niat semuanya bisa kelar, hahaha asli deh ngerjain bab 1,2,3 seminggu selesai meskipun belum bener banget dan belum 100 % tapi kerangkanya udah keliatan, dari yang keliling ke perpus ui, gundar, sampe foto copy buku buku yang ada kaitannya sama skripsi gue, karena emang gue ga suka baca materi dari laptop, hp dll bikin pusing dan ga bisa dicoret-coret, jurnal juga print aja sebagai bukti juga kan kalo kalo di tanya dosen.

Hmmm udah gitu alhamdulillahnya gue di bantu banget sama 2 dosen lab pa wahyu dan bu trida eh sama kak nana juga, beliau-beliau ini baik banget mau di ajak diskusi bantuin skripsi gue. Setiap bimbingan sama Pak seto juga ga pernah di persulit, kalo ditanya kenapa alasannya dan kita bisa jelasin ya lanjut.

Agustus

Sedikit agak panik karena waktu itu beliau (Pak Seto) susah di hubungi, waktu itu lagi maraknya kasus (maaf) pelecehan anak gitu, jadi ya beliau sibuk mungkin, sebenernya sih gue selow aja ya, toh lagi puasa juga waktu itu dan agak males juga kan jadi mau istirahat sebentar, tapiiii orang tua terutama papa nanya mulu skripsi bahkan kalo smsn yang ditanya skripsi bukan kabar gue..

Hmm gimana ya aga risi si ditanya tanya kaya gitu bikin tertekan tapi ya gimana mungkin maksudnya orang tua kan memotivasi, ditambah lagi gue keduluan jauh sama widi dan kakak nya, makin lah gue berusaha ngejar.


September

Yeayy ulang tahun ke 22, sediih pertama kali ultah di depok ga sama orang tua, tapi untung masih ada widi dan temen-temen..
Tanggal 10 September widi sidang hmm gue ketinggalan tapi yaudah gapapa berarti belum rejeki gue hahaha
tapi pas itu gue udah mulai ngambil data untungnya, nah disini nih kendala lagi. yang tadinya gue pikir gampang lah dapet responden perantau 100 orang mah, ga taunya zonk waktu itu kampus libur dan mahasiswa pada balik ke kampung halaman masing-masing. Ga mungkin dong gue nunggu mereka pada balik sedangkan libur semester itu lama, dan gue di kejar deadline banget, dan gue gamau pake google form, karena yaa takutnya ga sesuai aja kriteria yang di cari sama yang isi, terus takutnya ada yang double' gitu kan nyusahin gue juga nantinya.

Akhirnyaaa yaa gue mau gamau pake sampel cuma 70 itu pun gue samper'in adik kelas yang perantau dan ga balik dari depok. buat bab 4 & 5 di bantu kk nya widi, ga ngerti apa-apa asli SPSS aja ga ngerti hahaha untung di ajarin jadi ya mayan lah ngerti dikit.

Nah sekedar cerita aja, waktu itu gue sempet kurang lebih 2 bulan ga bimbingan, kesel, marah pengen ngomel, tapi pas ketemu beliau (dp) ga jadi ngeluh, beliau terus memotivasi gue buat semangat dan cepet seleseiin skripsi gue, ahh terharu punya dp yang menenangkan, bisa sharing juga.

Mmmm tar gue lanjut lagi yaaa, mau ada yang dikerjain dulu soalnya hahaha byeeee ~

Oke kita lanjut cerita yaa,

Oktober

Akhirnya gue sidang juga hahaha sebetulnya dari bulan agustus itu gue udah daftar sidang, cuma karena ternyata bulan september ga ada jadwal sidang sama sekali, jadi lah gue sidang di bulan oktober. Tapi gapapa yang penting sidang dan lulus. Gue sidang hari sabtu tanggal 24 oktober 2015. Sebelumnya gue udah deg degan kok ya ga di telpon telpon sekjur buat sidang, nah pas hari rabu nya tanggal 21 oktober gue lagi jalan-jalan di mall sama widi, tiba-tiba ada telpon dari kampus yang ngabarin kalo sabtu gue sidang, langsung seneng gitu sambil deg degan pas dikasih tau siapa pengujinya. engg ing engg di sebutlah satu persatu penguji gue. Deg-degan nya makin jadi tapi alhamdulillah nya penguji gue ini orang-orang yang ga begitu sulit di temui.

Sedihnya adalah Bp. Seto selaku dosen pembimbing ga bisa hadir, karena kesibukan beliau. Sebelumnya beliau udah kasih tau kalo weekend ga bisa hadir karena selalu ada acara di luar kota, kalo sidangnya weekday beliau akan usahain datang. Nah karena di jadwalin nya sabtu yaudah mau gimana lagi kan, langsung deh nge hubungi Bp. Seto ngasih tau kabar baik ini sekaligus minta doa. Beliau baiikkk banget nyemangatin dan ngasih doa semoga sidang gue lancar dan sukses. Meskipun beliau ga hadir langsung, tapi dari cara beliau selalu semangatin dan balesin whatsapp gue itu aja udah bikin gue seneng.

Hari rabu itu gue mulai menghubungi para dosen penguji gue buat janjian kasih berkas skripsi. Ga ada hambatan dan kamisnya langsung ketemu beliau-beliau ini, sebelumnya karena udah belajar dari pengalaman widi nyiapin skripsi jadi berkas gue itu udah siap dari beberapa minggu sebelumnya. Jadi pas saatnya kasi berkas ke dosen ga ada lagi drama belum jilid, belum lengkap atau belum fotocopy.

Jum'atnya gue latian presentasi sama kaul dan winda, kaul ini dari jaman pi bareng mulu ama gue, dosen pembimbingnya sama, jadwal sidang sama jadi akhirnya kita deket. Sebelumnya gue udah PD PD aja kan tentang presentasi, leyeh-leyeh dulu dari pagi pas jam 3 sore mulai lah gue latian, daaaaaannn baru ngomongin pembukaan di bab 1 aja gue udah ng blank seada-adanya hahahaha panik lah gue mulai tuh belajar lagi merangkai kata juga biar pas presentasi lancar. Malemnya udah siapin segala perlengkapan buat tempur di hari sabtu, sama goreng nugget buat sarapan dan bekal sama si kaul. Gue tidur tuh dan jam 3 pagi kebangun ngliat si kaul lagi belajar hahaha gue mau belajar lagi tapi ngantuk yaudah tidur lagi, paginya gue sama kaul berangkat naik kereta, badan udah pada dingin karna deg degan hahah, nyampe kenari kampus A udah lumayan rame, gue sempetin dulu sarapan, baca-baca dikit dan diem aja, pasrah ya mau gimana lagi bukan waktunya belajar menurut gue tapi ya ga ada salahnya baca-baca sedikit sih biar ga blank banget.

Sebelum mulai kita di kumpulin dulu di aula gitu di kasih pengarahan dll. Nah akhirnya udah mulai tuh terus gue belum dipanggil juga udah urutan orang ke 2 kan, gue sempet ledek-ledekan sama temen gue abis ini elu abis ini elu, pas lagi ketawa-ketawa eh gue yang dipanggil, di hayo hayo in ama temen gue tadi ._. yaudah bismillah masuk ruangan, gue mau mulai kata salah satu penguji gue bilang "eh sabar kan saya belum buka" gue cengengesan bilang eh ia pak, terus dipersilahkan lah gue mulai pesentasi baru ngomong gue udah grogi "eh bentar pa bu", ulangi, ke dua kalinya gue bilang lagi "eh bentar bentar bu aduh saya grogi". terus kata ibunya tenang'. yaudah bismilllah lancar lah sampe selesai presentasi.

Tanya jawab bla bla bla dan alhamdulillah banget sidang gue lancar kurang lebih 30-45 menitan di dalem revisi juga ga banyak, dan selama di dalem 2 penguji gue yang perempuan pada cengengesan gatau ngetawain apa, mau ngetawain gue pun gapapa yang penting sidang gue kelar, bisa jawab dan kalo penguji cengengesan menandakan mood dia bagus hehehehehe

Selama nunggu pengumuman gue di temenin widi, cerita selama sidang gimana, dan diyakinin pasti lulus. Ga lama akhirnya kita peserta sidang di panggil tuh dan alhamdulillah banget ya allah akhirnya gue lulus. Langsung ngabarin mama, papa, widi dan Pa seto. Bener-bener lega ga mikirin revisi sebanyak atau sedikit apa yang penting lulus. Keluar gedung makin bahagia lagi liat temen-temen dateng bawain hadiah, bunga, coklat ngeliat mereka dateng aja udah bahagia banget.

Disini gue mau berbagi tips sedikit sih masalah skripsi, bukan bermaksud menggurui atau gimana ya ini berdasarkan pengalaman aja :

1. Cari judul skripsi dan subjek nya yang gampang (khususnya psikologi) mau variabel lo unik tapi nyari orang nya susah ya repot juga, paling ngga variabelnya unik subjek nya gampang ditemui atau sebaliknya. Kalo gue kemarin judulnya hubungan self disclosure dan penyesuaian diri pada mahasiswa perantau, mungkin ini ga terlalu unik tapi paling ngga subjek nya gampang di temui. Jangan sampe karna pengen terlihat unik malah merepotkan diri sendiri dan bikin skripsi lama.

2. Kalo dosen susah di temui, kita kerjain skripsi semampunya semaksimal mungkin, , meskipun masih bab 1 tapi kita harus udah ada buat kerangka bab 2 dst, cari sumber dan teori sebanyak mungkin, jadi pas ketemu dosen bab 1 acc langsung ajuin bab 2, dosen bakal seneng juga sih kayanya sama mahasiswa yang inisiatif sendiri, jadi jangan sampe udah susah ketemu eh pas ketemu yang di bawa segitu aja dan ga ada hasil apa-apa.

3. Kerjain skripsi itu ga mesti kita duduk berjam-jam depan laptop atau nongkrong berjam-jam di cafe. Gue pribadi bukan tipe orang yang betah ngerjain sesuatu yang mengharuskan fokus macem skripsi itu di cafe. Gue lebih seneng ngerjain itu pas mood nya lagi bagus, sebelum tidur atau pagi-pagi bangun tidur. Gue ga pernah lama ngerjain skripsi dalam sehari paling sejam dua jam setelah bangun tidur atau sebelum tidur, kuncinya 1 FOKUS. ngerjain sesuatu meskipun sejam tapi fokus hasilnya bakal lumayan di banding ngerjain berjam-jam tapi ga fokus, misal sambil main hp mulu percuma hehehe

4. Cari sumber sebanyak-banyaknya. Itu perlu biar kalo dosen ga sreg sama teori ini, adalagi teori lain yang jadi cadangan, dan beberapa dosen ada yang gamau kita ambil teori dari skripsi atau jurnal bahasa indonesia. Kebanyakan harus cari referensi dari buku asli atau jurnal bahasa inggris. Nah kalo gue tiap nemu sumber sesuai langsung gue print kalo nemu dari mbah google, kalo dari buku langsung gue fotocopy biar bisa jadi bukti. Jangan males ke perpus, gue dulu sampe berkali-kali ke perpus kampus, ke perpus UI dan seneng banget kalo ketemu buku yang kita cari. Carinya bisa dengan cara begini : kita liat skripsi orang nih, ada teori yang sesuai, liat daftar pustakanya terus kita cari deh bukunya.

5. Jangan lupa berdoa, minta restu sama orang tua hahaha usaha dan doa itu penting banget loh. Oya jangan lupa jalin komunikasi yang baik sama dosen pembimbing, kalo whatsapp atau sms belum di bales yaudah tunggu aja, kalo 3 harian ga bales ya ga ada salahnya di hubungi lagi, intinya jangan terlihat ngotot mau bimbingan dan usahain turuti kemauan dosen selagi emang itu kelihatannya baik untuk kemajuan skripsi kita dan jangan lupa sampaikan juga kemauan kita sama dosen dan diskusiin baiknya gimana.

6. Sharing sama temen, berbagi cerita, pengalaman, nanya nanya teori atau rekomendasi dan cari sumber sumber yang bermanfaat buat skripsi kita.

Kayanya itu aja sih kalo ada yang mau berbagi cerita juga atau pengalamannya monggo :p


0 komentar:

Posting Komentar

 

Faradina Lestari Wissa Putri Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates