Jumat, 17 Oktober 2014

Keterkaitan antara arsitektur komputer dengan struktur kognisi manusia



Arsitektur komputer dengan struktur kognisi manusia memiliki kesamaan dalam tujuan nya yaitu sama sama digunakan untuk mengolah data menjadi informasi yang diperlukan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Sebelum seseorang merancang sistem Komputer, ia harus mengetahui bagaimana cara manusia berfikir dan bagaimana otak manusia bekerja, karena fungsi pada setiap komponen dalam komputer ini dibuat mengikuti atau meniru sistem kerja otak manusia.
Manusia sendiri dalam mengolah informasi yang diterima melalui beberapa proses diantaranya : adanya stimulus energi berupa suara, cahaya dll → yang kemudian masuk atau diterima oleh panca indera (sensory system) → lalu energi yang masuk ke panca indera dihubungkan ke syaraf (Transduction) → sensory detection iconic / echoic storage → CNS activity (aktifitas di dalam otak) & coding → memory & transformation → overt activity (hasil saat mengetahui informasi).
Sedangkan pemrosesan informasi pada komputer yaitu : input data → proses → output. Jadi, komputer telah dirancang sedemikian rupa agar dapat membantu manusia khususnya untuk mengolah data dan mendapat informasi atau hasil yang dibutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faradina Lestari Wissa Putri Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates