Minggu, 07 April 2013

Autobiografi



           

 Nama saya Faradina Lestari Wissa Putri, biasa dipanggil dengan nama Dina. Saya dilahirkan di Tasikmalaya, Pada hari Selasa tanggal 07 September 1993 tepatnya pukul 11.00 WIB. Saya merupakan seorang anak tunggal, anak pertama dan satu-satunya. Saya di besarkan oleh kedua orang tua yang sangat luar biasa. Ayah saya bernama Ir.H.Wisnu Sudarso dan Ibu saya bernama Dra.Hj.Lilis Saidah.       Pada awalnya keluarga kecil saya tinggal di Kota Tasikmalaya, kemudian ketika saya berumur 1 tahun keluarga saya pindah ke Kota Bogor karena ayah saya di pindah tugaskan ke Kota tersebut. Kurang lebih ketika saya berusia 3 tahun, keluarga saya pindah kembali tepatnya ke Kota Kuningan, Jawa Barat. Kami pindah ke Kuningan karena Ibu saya telah menjadi seorang PNS (Guru) dan mendapat tugas untuk mengajar di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kuningan.
            Ketika saya berumur kurang lebih 4 taun, saya sudah ikut belajar mengaji di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an), karena pada saat itu belum ada Playgroup. Karena ke dua orang tua saya bekerja, maka saya biasanya di temani sehari-hari oleh pengasuh saya. Memasuki usia 5 taun saya mulai masuk Taman Kanak-Kanak (Tk), tepatnya di TK PGRI Kuningan. Di TK saya belajar membaca, menulis, bernyanyi, bercerita dan berkenalan dengan banyak teman. Awal memasuki TK saya selalu menangis jika waktunya bel masuk kelas, karena saya ingin selalu di temani oleh Ayah,ibu atau pengasuh saya di dalam kelas. Tetapi Guru TK saya sangat baik, sehingga beliau selalu menemani saya di dalam kelas dan lama-lama saya terbiasa untuk ada di dalam kelas.
            Selama di TK, saya juga belajar untuk saling tolong-menolong, dan berbagi bersama teman. Setiap hari Senin, kami selalu upacara dan saya selalu senang jika saya di perintahkan oleh Ibu Guru untuk membaca kan Pancasila ketika upacara. Saya juga sering mengikuti lomba menggambar dan melukis, padahal saya tidak bisa menggambar. Sebenarnya saya lebih suka bernyanyi, akan tetapi saya dulu kurang percaya diri, sehingga setiap ibu saya menawarkan untuk latihan bernyanyi saya selalu menolak. Saya di TK hanya satu tahun, teman-teman saya banyak belajar di TK selama 2 tahun, karena saya sudah merasa bosan di TK, maka saya memutuskan untuk langsung masuk SD.
            Pada tahun 1999, saya memasuki sekolah dasar (SD) tepatnya di SDN 7 Kuningan. Saya sangat senang ketika memasuki SD karena saya memiliki banyak teman, Guru-guru disekolah pun sangat baik. Saya mulai belajar berhitung,membaca, menulis dengan benar dll. Karena waktu di TK belajar membaca,menulis dan berhitung belum sepenuhnya, sebab di TK lebih banyak bermain dan bercerita.
            Selama di SD saya sangat menyukai pelajaran matematika, kemudian saya mengikuti les sempoa. Kegiatan saya ketika SD selain sekolah saya juga mengikuti Les seperti sempoa, dan  b.inggris. Kegiatan saya mengaji pun tetap di lakukan sampai kelas 3 SMP, karena menurut keluarga saya mengaji itu penting agar apa yang kita lakukan tidak lepas dari aturan Agama, khususnya saya yang beragama Islam. Selain menyukai pelajaran Matematika saya juga sangat senang dengan pelajaran olahraga, saya menyukai olahraga Berenang, Badminton dan senam. Saya selalu semangat jika pelajaran olahraga tiba.
            `Tahun 2005, saya lulus dari SD. Ketika perpisahan SD saya dan teman-teman ikut berpartisipasi pada acara perpisahan tersebut dengan menari. Kemudian saya melanjutkan pendidikan saya di SMPN 1 Kuningan, salah satu SMP Favorit di Kota tempat tinggal saya tersebut. Di SMP saya memiliki banyak teman baru, tetapi tidak sedikit teman-teman dari SD saya terdahulu memasuki SMP tersebut sehingga saya tidak perlu beradaptasi terlalu lama di SMP ini.
            Di SMP para siswa wajib memiliki kegiatan ekstrakulikuler, saya memilih basket dan pramuka. Akan tetapi, kegiatan pramuka wajib diikuti oleh siswa selama 1 tahun. Ketika saya mengikuti kegiatan pramuka diadakan kemping. Kegiatan tersebut melatih kita untuk bisa hidup mandiri, kegiatan di alam bebas, tidur dalam tenda mengadakan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Hal tersebut membuat para siswa menjadi lebih mandiri dan lebih bertanggung jawab pada diri nya sendiri dan lingkungan sekitar.
            Tahun 2008 saya lulus dari SMPN 1 Kuningan, kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) di SMAN 2 Kuningan. Awalnya saya sedikit takut, karena mendengar kabar kalo di sekolah tersebut sangat ketat, selalu pulang sore dsb. Tetapi ibu saya bilang bagus, agar saya selalu belajar dan tidak ada waktu untuk bermain-main, karena pergaulan semakin harinya semakin tidak baik. Tapi ketika saya mulai belajar di SMA, ternyata apa yang orang katakan selama ini tidak benar, bahkan saya sangat senang belajar di SMA ini, tempatnya nyaman, guru nya baik, cara belajar dan peraturan nya tidak begitu memberatkan. Saya juga memiliki teman-teman yang sangat baik.
            Memasuki kelas 3, semua siswa termasuk saya mulai bingung untuk memilih Universitas dan Jurusan yang akan kami pilih nanti. Sejak SMP saya sudah bercita-cita untuk menjadi seorang psikolog, untuk itu saya ingin mengambil jurusan Psikologi. Kenapa saya ingin mengambil jurusan Psikologi ? karena sejak SMP, saya senang belajar mengenai kepribadian seseorang dan saya sering mendengarkan teman saya bercerita atau saling memberi saran atas masalahnya. Awalnya keluarga saya tidak setuju saya memilih jurusan tersebut karena awalnya mereka mengira Psikolog itu hanya menangani orang yang sakit jiwa. Tetapi ketika saya memberi penjelasan dan meyakinkan mereka bahwa saya bisa menunjukkan bahwa pilihan saya tidak akan salah dan sesuai dengan kemampuan saya akhirnya mereka setuju.
            Alhamdulillah tahun 2011 saya lulus dari SMAN 2 Kuningan, kemudian saya mengikuti SNMPTN karena saya ingin masuk ke salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Bandung, tentu saja dengan mengambil Jurusan Psikologi. Sedangkan pilihan kedua saya memilih salah satu Universitas Negeri di Purwokerto, tetapi karena tidak ada jurusan Psikologi disana, maka saya mengambil jurusan Keshatan Masyarakat (KesMas). Saya mulai mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan tes. Dari mulai pendaftaran, belajar mencari informasi dsb. Tetapi ketika hasilnya keluar, ternyata saya tidak lolos masuk ke salah satu perguruan tinggi tersebut. Sedikit kecewa tapi tidak terlalu disesali karena saya merasa saya kurang maksimal dalam belajar untuk menghadapi tes.

            Kemudian saya ingin mengikuti tes-tes di beberapa Universitas yang memiliki Jurusan Psikologi, baik itu swasta maupun negeri. Tetapi ayah saya tidak mengijinkan saya untuk pergi kesana kemari hanya untuk tes. Beliau mengatakan pilih saja 1 Universitas yang saya yakini. Kemudian Ibu saya menawarkan untuk kuliah di Universitas Gunadarma di Depok. Ibu saya sudah mendapatkan banyak Informasi mengenai Gunadarma, dan beliau mengatakan bahwa kampus ini bagus,khususnya untuk Jurusan Psikologi.
            Akhirnya saya mengikuti Tes dan alhamdulillah saya di terima di Universitas Gunadarma, Jurusan Psikologi angkatan 2011. Dan itu berarti saya harus mulai hidup mandiri karena hidup jauh dari orang tua. Beruntung di Depok ini saya memiliki banyak teman yang baik. Awal memasuki Universitas saya menjalani kegiatan PPSPPT atau pengenalan kampus.
            Setelah itu saya mulai belajar, dan ternyata belajar mengenai Bidang Psikologi itu menyenangkan. Di Jurusan Psikologi saya bisa belajar mengenai kepribadian manusia, perkembangan manusia, psikologi sosial, antropologi, psikologi faal dan masih banyak lagi. Selain itu, saya belajar melalui praktikum-praktikum, contohnya Praktikum Psikologi Faal. Pada praktikum Psikologi Faal tersebut kami di ajarkan bagaimana seseorang menerima rangsangan indera dengan baik.
Sekarang saya telah memasuki semester 4, dan semakin banyak materi-materi mengenai Psikologi yang harus saya pelajari. Karena setelah lulus S1, saya bercita-cita ingin melanjutkan S2 dan mengambil Psikologi Industri & Organisasi atau Psikologi Klinis. Semoga saya bisa lulus S1 tepat waktu dan saya bisa sukses. Amin.     
           

2 komentar:

  1. KOk LP3I Course Center Kuningan nya tidak disebut..hiks hiks hiks..

    BalasHapus
  2. waahh iyaaa maaf mr, padahal pas di lp3i itu menyenangkan sekali loh hihi

    BalasHapus

 

Faradina Lestari Wissa Putri Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates