Rabu, 14 Maret 2012

Pandangan terhadap Pancasila


Pertanyaan
1.             Apa pandangan yang mengatakan bahwa lahirnya Pancasila diilhami gagasan-gagasan besar dunia & pengalaman bangsa-bangsa lain. Dan ada yang mengatakan bahwa Pancasila berakar pada kepribadian Bangsa Indonesia sendiri. Apakah dari dua pernyataan tersebut tidak saling bertentangan & apakah memang Pancasila sebagai ideologi gado-gado?  Jelaskan pokok-pokok pikiran pandangan anda!
Penjelasan
Setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda mengenai lahirnya Pancasila, tergantung dari sisi mana mereka melihat nya. Banyak persepsi dan banyak pendapat yang mengatakan bahwa kelahiran Pancasila diilhami dari gagasan-gagasan besar dunia, dan pengalaman bangsa lain. Namun, disisi lain ada juga yang mengatakan bahwa kelahiran Pancasila merupakan kepribadian bangsa Indonesia yang telah berakar dengan sendirinya, kedua hal tersebut bisa saja berkaitan namun hal tersebut juga bisa  bertolak belakang tergantung dari sisi pandangan masing-masing individu.
Indonesia terlahir dengan proses yang sangat panjang, mulai dari zaman Kerajaan Kutai sampai masa keemasan Majapahit. Selain itu Indonesia pernah mengalami masa penjajahan oleh Jepang dan Belanda. Kondisi ini telah melahirkan semangat berbangsa yang satu, bertanah air satu, dan berbahasa satu. Semangat ini akhirnya menjadi latar belakang pemimpin yang mewakili bangsa Indonesia memandang pentingnya dasar filsafat Negara sebagai symbol nasionalisme.
Pandangan yang mengatakan Pancasila diilhami dari gagasan-gagasan besar dunia menurut pendapat saya itu benar adanya, karena pada dasar nya manusia adalah makhluk sosial dan tidak bisa hidup sendiri, begitupun dengan bangsa ini setiap gagasan atau pandangan pasti sedikit ataupun banyak diilhami dari gagasan-gagasan sebelumnya atau gagasan besar dunia sebagai acuan untuk membuat suatu gagasan yang lebih baik dari gagasan-gagasan yang sudah ada begitupun hal nya dengan Pancasila ini.
Pada Dasarnya, pembentukan Pancasila berdasarkan gagasan-gagasan  asli Rakyat Indonesia, dan pemikiran tersebut bersumber kepada semangat Rakyat Indonesia. Namun bukan berarti gagasan-gagasan dari luar diabaikan begitu saja. Menurut saya, gagasan-gagasan dari luar juga dibutuhkan. Karena, dalam pembentukan Pancasila dibutuhkan pengalaman-pengalaman dari Bangsa lain. Tetapi dalam pembentukannya tidak mengikuti bangsa lain,tetapi tetap Bangsa Indonesia membuat gagasan sesuai dengan pemikiran dan kepribadian Bangsa Indonesia itu sendiri.
Pancasila berakar pada kepribadian Bangsa, karena pancasila merupakan identitas Bangsa Indonesia. Pancasila hanya dimiliki oleh Bangsa Indonesia dan sudah tentu Pancasila tidak dimiliki oleh Bangsa lain, karena pada dasarnya Pancasila itu sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia.
Kedua Pernyataan di atas tidak saling bertentangan,karena kedua nya saling berkaitan. Pancasila bukan merupakan ideologi gado-gado, karena Pancasila mengandung ideologi terbuka. Maksud dari  Ideologi Terbuka ini adalah Ideologi yang dapat berinteraksi seiring dengan perkembangan zaman dan senantiasa mengantisipasi perkembangan aspirasi rakyat sesuai dengan perkembangan zamannya tersebut.
Selain itu ideologi juga bersumber dan berakar pada pandangan hidup bangsa dan falsafah bangsa. Jadi, Pancasila tetap menjadi dasar negara akan tetapi dalam pelaksanaan nya tetap mengikuti perkembangan zaman.

Kesimpulan

            Pancasila lahir karena diilhami dari gagasan-gagasan besar dunia & pengalaman Bangsa lain. Karena gagasan-gagasan dan pengalaman Bangsa lain tersebut digunakan sebagai acuan untuk membuat ideologi yang baik dan sesuai dengan kepribadian Bangsa Indonesia itu sendiri.
            Pancasila merupakan kepribadian,sebuah ideologi dan pandangan hidup Bangsa Indonesia yang terlahir dan bersumber dari adanya pemikiran-pemikiran anak bangsa.
     Pancasila bukan merupakan Ideologi gado-gado melainkan Ideologi Terbuka. Artinya, Ideologi yang dapat berinteraksi seiring dengan perkembangan zaman dan senantiasa mengantisipasi perkembangan aspirasi rakyat sesuai dengan perkembangan zamannya tersebut. Jadi, adanya gagasan dan pengalaman bangsa lain dapat menjadi acuan untuk menjadikan Bangsa ini lebih baik lagi.

1 komentar:

  1. makasih yaaa...artikelnya ngebantu banget!!!
    thanks yooo..!!!!

    BalasHapus

 

Faradina Lestari Wissa Putri Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates