Rabu, 11 Oktober 2017

Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

Halo semuaaaa kali ini aku mau buat postingan tentang tips memilih jurusan yang kamu inginkan di perguruan tinggi, terutama buat kamu yang sebentar lagi lulus SMA dan ingin lanjut kuliah. Tips ini aku buat berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman orang-orang di sekitar ku. Ok buat kalian yang masih galau mau kuliah dimana jurusan apa, semoga postingan ini bisa sedikit memberi pencerahan, syukur-syukur pencerahannya banyak. Ok sekian (loh?) ngga sih lanjut kok..

Jadi gini buat kalian yang mau kuliah dan udah tau mau kuliah dimana dan ambil jurusan apa, yowes tinggal usaha, belajar, berdo'a, minta doa restu orang tua dan keluarga. Beres? Belum doooonggg masa segampang itu. Kalian tetep harus berusaha buat cari info kampus yang kalian mau itu kaya apa sih, passing grade buat masuk ke jurusan yang kalian mau itu berapa sih, kira-kira kedepannya jurusan yang kalian mau itu memudahkan kalian buat dapet kerja atau ngga sih, kira-kira biaya kuliah dan biaya hidup sesuai dengan kemampuan kita terlebih orang tua atau ngga. Hal-hal kaya gitu harus dipikirkan juga loh. 

Nah kembali ke topik ya, yang akan aku bahas disini khususnya buat kalian yang ingin milih jurusan sesuai dengan kemampuan kalian tapiiiiiii bersebrangan dengan keinginan orang tua. Nah loh gimana tuh, pengen kuliah jurusan A, tapi orang tua kurang setuju dan menyarankan kamu ambil jurusan B. Kamu kurang tertarik atau bahkan tidak tertarik sama sekali dengan jurusan B ini, bingung kan antara mempertahankan pilihan sendiri atau nurut kata orang tua.

TIDAK ADA JURUSAN YANG JELEK
    Ya semua jurusan itu bagus kok, percaya deh yang bikin jelek itu kadang kitanya, kalo jurusan jelek ngapain diadain jurusan itu dan ada di setiap kampus. Semua jurusan akan ada kesempatan kerja dimanapun, asal kita mau berusaha untuk mencari. Bahkan masih banyak orang tua yang berfikiran untuk jurusan tertentu itu kurang sesuai dengan pikiran mereka, dalam artian masih ada beberapa orang yang berfikiran jurusan A sudah banyak dan nantinya susah dapet kerja (disini aku ga mau sebutin jurusannya apa ya, karna khawatir ada yang tidak berkenan). Padahal rejeki udah ada yang atur, mau sebanyak apapun lulusan dari jurusan itu kalo kita punya potensi dan rejeki yang bagus dan selagi mau berusaha ya pasti akan dapet kerja. Yang susah itu kalo ga dapet' kerja ya mungkin dari kitanya, coba intropeksi diri apa selama ini ilmu yang di dapet udah di praktekin? kira-kira apa sih yang bikin kita susah kerja? apa keinginan kita yang terlalu tinggi atau kita terlalu milih dalam bekerja?itu patut dipikirkan. 

YAKINKAN ORANG TUA DAN BUKTIKAN KITA BISA 
   Ini berdasarkan pengalaman pribadi aku sendiri, dulu aku disuruh jadi dokter karena ya siapa sih orang yang ga bangga kalo jadi dokter dan orang tua mana yang ga bangga kalo anaknya jadi dokter? tapi aku punya keinginan lain, aku pengen kuliah jurusan Psikologi, kenapa ? karena dari SMP aku udah tertarik sama dunia psikologi, dari mulai kk nya temen yang kuliah di jurusan psikologi,belajar psikologi kayanya asik aja gitu,belajar kepribadian orang, minat bakat dll. Tapi orang tua masih mikirnya "mau kuliah jurusan psikologi mau jadi apa? emang gampang cari kerjanya? bukannya kalo psikologi ngurusin orang (maaf) yang di Rsj?" nah dengan kaya gitu aku bukannya malah pesimis tapi malah semangat cari-cari info tentang jurusan ini, kira-kira peluang kerjanya gimana, dan ternyata psikologi itu luas, ga selalu jadi psikolog, psikolog pun macem-macem ada psikolog anak, klinis, psikolog pendidikan dll. Bahkan bisa jadi dosen, HRD, dan rata-rata di setiap perusahaan itu ada bagian hrd nya. Mulai lah aku cari info dari google, aku print dan aku tunjukin sama orang tua kalo kuliah jurusan ini kesempatan kerjanya akan bagus karena masih jarang orang lulusan psikologi terutama di daerah. Akhirnya orang tua mulai mengijinkan aku buat kuliah di jurusan psikologi. Dan buktikan selama kuliah kita bisa beradaptasi dengan baik, nilai kuliah bagus dan lulus tepat waktu dan cepet dapet kerja hoho.

AKREDITASI KAMPUS

  Ini penting karena ada beberapa perusahaan yang kriteria calon pegawainya itu berasal  dari perguruan tinggi dengan akreditasi minimal B (setauku ya, maaf kalo salah). Jadi kalo kalian mau kuliah di perguruan tinggi swasta, (kalo negeri kayanya ga perlu di jelasin lah ya) cek dulu riwayat lulusan nya rata-rata bekerja dimana, akreditasinya apa, itu penting.

JANGAN SAMPAI SALAH JURUSAN

   Ini penting, karena banyak orang-orang disekitar aku itu ngerasa kalo dia salah pilih jurusan, ntah karena dipaksa orang tua, ikut-ikut temen, karena kampusnya keren dan terlanjur diterima ambil deh yang penting keren kuliah di kampus ono. Ga gitu si harusnya, kalian tetep harus pilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan kalian, misalnya kalian pengen kuliah IT tapi kalian juga suka musik, ga ada salahnya diskusi dulu dengan orang tua, siapa tau kalian bisa tetap kuliah IT tapi kalian bisa sambil les musik, atau ambil kegiatan kemahasiswaan di bidang musik. Banyak loh ukm (unit kegiatan mahasiswa) yang sesuai sama hobby kita. Jadi sambil kuliah kita tetep bisa menyalurkan hobby kita.
Sebenernya masih banyak yang mau disampein, berhubung lagi kerja dan udah mau pulang juga jadi segini dulu yaaaa

makasih loh udah bacaaa

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faradina Lestari Wissa Putri Template by Ipietoon Cute Blog Design and Homestay Bukit Gambang

Blogger Templates